Sabtu, 14 Agustus 2010

Dinda in Sabtu

Hari Sabtu, emang selalu jadi hari paling spesial buwat saya. Di samping libur sekolah, saya bisa bebas geal-geol ngelakuin apa aja di rumah.

Iye. Di rumah, saya bisa manjat-manjat riang gembira dendang suka-suka. Bukan, ini bukannya saya keturunan koala. Saya emang hobi gitu manjat-manjat tiang pager, tiang jemuran, tiang bendera, tiang listrik ( kesetrum, baru nyahok lu ).

Khususnya buwat para dedemit (baca:adek-adek), hari sabtu itu hari nasional. Setiap mereka ngomong, pasti nyebutin dirinya dengan ' Beta ' dan ngepalin tangan kayak pejuang-pejuang gitu. Khususnya Dinda, adek sulung saya. Gak tau juga, dia kesetrum apa. Hobi banget dia bilang gitu saban hari sabtu.


Pas di tanya Ayah saya,
' Kak Dinda, dek Inan mana? kok dari tadi gak keliatan? ' 
' Beta-tidak-tau

buset, ini kalo intonasinya masih biasa mah bisa di terima, lha ini kayak ngebaca proklamasi gitu, ' kami-bangsa-Indonesia '

Kerap kali, saya mengajarkan bahasa yang bener,
' Dek, kamu kalo ngomong biasa aja napa. Ini tuh bukan di NTT. ini di Jawa. di SURABAYA '
' ......... ' , dinda diem
' Laen kali, kalo ngomong tuh tangannya gak usah di kepalin gitu '
' ........... ' , masih diem
' paham ? '
' beta-tidak-peduli ', mengepalkan tangan

*******

Di hari dia sekolah (pas hari sabtu), sebutan keBetaannya juga masih gak hilang. Pas lagi sama teman-temannya juga gitu, masih beta-betaan. Hingga pada suatu hari, saya di tugasin Ibu buwat ngejemput dinda sekolah.

Saya menunggu dinda di halaman sekolah. Tempat ibu-ibu nangkring dan melakukan ritual suci. Iye, si Ibu-ibu lagi ngegosip. Heran deh saya, bulan puasa kok masih sempet"nya gitu ngegosip. Hayaaah....

Saya jadi menggerutu sendiri dan kadang sempat tersenyum mendengarkan pembicaraan ibu-ibu. Ibu yang pakai baju warna biru bilang gini,

' Bu, masa sih ya. kemaren malem si Sari anak tetangga lagi boncengan gitu  
  ama pacarnya. Susaaaaah banget kalo di suruh tarawih. Ibunya sampe
  bingung mesti ngapain lagi '
' Oh, itu gampang, Bu. Ada caranya kok ', Ibu yang pake baju merah nyaut
' emang gimana jeng? ', Ibu-ibu yang laen ikut nyaut

Saya yang melihatnya ikut geli sendiri. Kalo salah satu rekan mereka lagi kesulitan, yang laen bakal sibuk berlomba-lomba mencari solusi. Seakan jika solusinya itu tepat, benar, dan meyakinkan, si Ibu yang punya solusi itu bakalan cengar-cengir kebahagiaan yang memang tiada duanya.

' Bu, tau anak kelas IV B yang namanya Nurma Dinda gak? ' ibu yang dari tadi
 diem akhirnya membuka pembicaraan baru

Saya berdiri diam saat mendengar nama Dinda di sebut, merepet ke tembok. Salah satu ibu bilang,

' Tau.tau. emang kenapa bu ? '

Saya berangan-angan si Ibu bilang, 

' itu loh, kakaknya dinda. Ya ampuuuun  cantiiiik banget. Udah sekolahnya pinter, murah senyum, alim, baiiik lagi. Cocok tuh kalo di jadiin miss universe '
( namun itu hanyalah khayalan belaka ) Uoooh ! *plak plak plak

Pembicaraan berlanjut,
' Masa ya. di sekolah tiap hari sabtu itu bawaannya ngomong beta sama tangan di kepalin gitu. Anak saya yang temannya kan jadi takut '
' Bukannya dinda itu anaknya ketua komite sekolah ini ya? '
' iya. Tapi kok, gayanya gitu ya? kayak anak ayanan gitu '
' Hush ! itu gak bener '

saya seneng, akhirnya Ibu yang tidak membenarkan rekannya bicara seperti itu. lalu angkat bicara,
' Dinda itu bukan ayanan ', si ibu diam sejenak, ' tapi EPILEPSI '

Tawa berderai-derai.

Saya yang lagi berdiri di situ, langsung menghampiri dinda yang udah keluar dari kelasnya. Salah satu Ibu bilang,
' Buset! mati kita! itu kakaknya dindaaa...!! dia yang dari tadi yang berdiri di
  sini ! '

Saya ?
Nyengir.

Hingga pada suatu ketika di hari Sabtu, saya menghampiri dinda yang lagi duduk bengong sendirian di teras.

' Dek ? kamu gak..... ', tanya saya
Belum selesei ngomong, dia nyaut ' wot ? '
' kamu gak pa-pa? '
' gak pa-pa apanya ? '
' pikiranmu ! '
' ......', diem bentar . ' emange opo'o ? ' (emangnya kenapa?)
' gak ngonone, aneh wae. Saben hari sabtu sampean sering ngomong "beta-beta", trus tanganmu iku mbok kepalno ' . ( gak gitunya, aneh aja. Saban hari sabtu, kamu sering bilang "beta-beta", trus tanganmu itu kamu kepalin )

 
Di atas fotonya Dinda, adek sulung saya.
Iye, dia memang tidak terlihat seperti pemulung.

Dinda masih diem.diem.diem. Dan diem
' pengen tau ? ' nyodorin tangan, ' sepuluh rebu! '
' hah ? '
' yaudah, gak aku kasih tau '

' oke, kakak kasih kamu sepuluh rebu '
Ternyata, harga diri Dinda jauh lebih murah ketimbang sepuluh rebu.

Dinda cengengesan seneng.
Saya nyengar-nyengir senep. Dalem ati , ' Monyet ! '

' jadi, gini kak.... ', dinda mulai cerita, ' sebenernya aku itu lebih dari satu '
' HAH !? '
' iya. Mungkin yang waktu hari sabtu biasanya itu bukan aku '
' trus ? '
' itu diri aku yang laen '
' jadi? '
' ya jadi itu emang bukan aku '
' lebih spesifiknya ? '

= Dinda mulai geram =

' she's NOT me ! '
' kesimpulannya ? '
' kesimpulannya adalah KAKAK TU IDIOT APA BOLOT ?

Hening.

Dinda diem.masih diem.diem.diem dan diem.
Masih gak tau maksudnya dia apa.

13 komeng:

Nyun-nyuN mengatakan...

siapa :-O, setan kali dhek hahahah,

Beta, ngepelno tangan, tonyo tha Mbem hahahaha, selamat hari sabtu sayang :)

Puisi Cinta mengatakan...

onok - onok ae, aku nunut nang kene yo, ben terkenal haha

anggar berkawand mengatakan...

hallo kawand....

mampir jalan2 lg ah smbil ngabuburit ketmpt kawand-kawand tercinta..

SALAM BERKAWAND ,,,,..

TUKANG CoLoNG mengatakan...

wah isi misteri-misterian nih ye...hm..

jangan kelamaan ya..biar aku gag mati penasaran jadinya..:(

AzHis Jhie mengatakan...

Mank dinda dari mana sih ???

^^

menone mengatakan...

q sk hobbynya.....yang manjat2...........wkwkwkwkwkwkwkwkwk

bgenk mengatakan...

jiahahahaha.....
aduin yukz ma adek aku....
aku juga punya adek, baru kelas 2sd, cewek....
buandelnya minta ampun.... udah gendut, item bandel lagi.... hihihihihi....

elok langita mengatakan...

:D senengnyaa punya adek.. hehee.. elok anak tunggal jadi engga pernah ngerasain punya adek..

Athifah Dahsyamar mengatakan...

hehe, adaa bolongnyaa giginyaa. hihi :D

kebookyut (DiVe) mengatakan...

nah yo... periksain gih, sapa tau beneran dia punya dirinya yg lain.. *hehe.. gak maksud nakut2in kok

kakak yg baik..^^*kalo keboo pasti udah aku jitak..

om rame mengatakan...

senangnya bersama keLuarga yg harmonis, saya turut bahagia mencermati kisah di atas. tapi tuh adek dinda, cepat sana ke dokter gigi duLu ^_^

TUKANG CoLoNG mengatakan...

SKS itu kepanjangan dari sistem kredit semester. jadi itu jumlah mata kuliah yang bisa ditempuh selama satu semester, atau ampe wisuda..:)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

hihihi lucu deh si dinda, jd klo sabtu dia berubah ^^
itu adek mu yah :D