Kamis, 26 Januari 2012

Jlegar-jleger Tabrakan Maut Di Jekarda

wuhh..tambah sepi aje nih blog. Ya iyalah, yang punya aja males dimari. Perasaan bersalah pun merayap *cieee galau* #sigh

Tau kan, kecelakaan maut di Jakarta? berita yang bikin orang sepulau jawa jegar-jeger. Aku sendiri tau berita ini, pas senin (23/01) pagi-pagi. Jadi, begini.

Suatu pagi nan asoy, Riska si penggembala iguana, bangun dari tidurnya. Dia menggeliat-nggeliat sebentar seperti biasa...terdiam sejenak, lalu meringis. Hari itu, aku senang sekali karena sekolah libur. Jadi, aku bisa bersuka ria di rumah untuk memelihara mainan hinaku (baca: adek2).

Aku berjalan dengan menggosok-gosok kepala, trus nguap sebentar. *cess!* Ada aroma ruaaarrr biasa membelai hidungku, seketika aku gontai (baru sadar kalo tadi malem belum sikat gigi). Singkat cerita, aku pun lihat koran Jawa Pos tergulai indah di meja tamu yang emang baru dikirim.

Di halaman depan, udah ada berita tentang ''kecelakaan maut" dengan judul gede (asli, aku lupa judulnya, tapi aku inget garis besarnya): "Kecelakaan Maut". Aku baca, tapi karna aura ababilku keluar, aku ga nerusin cerita selanjutnya dan buka halaman gosip mengingat kecintaanku sama morgan "smash".

Nah, baru besoknya pagi-pagi di sekolah, guru bahasa inggrisku tiba-tiba ngomongin berita kecelakaan maut yang kemaren aku telantarin dan gak peduli sama korban-korbannya selagi morgan "smash" tidak termasuk (asli, ini bukan gue banget kakak).

Jadi, beritanya nih ye.


Minggu (22/01) pagi-pagi, ada sekumpulan manusia yang baru pulang dari aktivitas olahraga. Trus tiba-tiba ada mobil Xenia hitam melaju kenceng. Did u know? mobilnya bukannya jalan di aspal, tapi di hatiku! di trotoar! Diperkirakan, kalo tuh mobil kecepatannya ngelebihin batas maksimal 60 km/jam. Setelah diselidikin polisi, kecepatannya malah lebih dari 70 km/jam!

Kronologi tabrakan. Klik untuk memperbesar

Si tersangka (Afriyani Susanti), mengakui kalo dia nyetir dengan kecepatan 100 kilometer per jam, di atas trotoar lagi! (iye, mobilnya naek ke trotoar sambil masih jalan gitu). Parahnya nih ye, dia juga nabrak belasan manusia yang sembilannya meninggal! Kesian kan, mereka baru pulang walking2, eh ada mobil nabrak mereka sampe meninggal T.T

Korbannya? manusia yang gak punya salah apa-apa sama si tersangka. Menurut berita, korbannya ada yang masih seumuranku, ada yang masih muda seger, dan ngenesnya lagi ada penganten yang masih baruuuu banget dan istrinya tengah hamil muda. Pas nonton beritanya di stasiun-stasiun tipi, ngenes gitu rasanya. Mereka masih ingin hidup, tapi udah dipanggil dengan cara seperti itu :(

Well, setelah diselidiki lagi, waktu itu ternyata dia abis pulang dari pesta narkoba ama temen-temennya. Kesimpulan: dia nyupir pas lagi mabok. Mana ga bawa STNK sama SIM lagi.

WHAT THE.......!!?!?!?

Nah, trus hukum yang pantes kek apa mbem?

Wah..kaga tau men. Dimana-mana artis ga ngurusin begonoan. Lagian, aku kaga ngarti masalah hukum yang berat-berat. Apalagi ampe hukum pasal berlapis kaya gini. Yang jelas, kalo di luar negeri mah sopir mabok trus nubruk orang dihukum gini :

Hukuman orang mabuk yang nabrak orang di luar negri :
Juli 2009
Pengadilan ChengDu menjatuhkan hukuman mati kepada Sun Weiming, Juli 2009. Ini adalah kali pertama pengemudi mabuk divonis mati di China. Weiming dianggap membahayakan keselamatan public karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk, terlibat kecelakaann dan menewaskan empat orang. Pada pengadilan banding hukumannya dibatalkan menjadi seumur hidup

7 Juni 2010
Pengadilan Houston menjatuhkan vonis terhadap John Jacob Winne dengan hukuman 30 tahun penjara karena terbukti menabrak remaja 13 tahun yang baru turun dari bus sekolah. Investigasi polisi menyatakan John dalam keadaan mabuk ketika mengendarai kendaraan.

8 Juni 2010
Sebuah pengadilan di Provinsi Zhejiang, China menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada Yang Shunzhong, anggota kongres di kota Taizhou. Shunzhong yang tengah mabuk mengendarai BMWnya menabrak belasan orang, mengakibatkan empat orang tewas dan delapan luka berat.


22 Desember 2010
Andrew Thomas Gallo (23) dari San Gabriel, California menerima hukuman maksimum setelah juri menyatakan dia bersalah atas dakwaan pembunuhan kejahatan mengemudi mabuk dan dua kejahatan lainnya. Dia dihukum 51 tahun penjara setelah mabuk dan terlibat kecelakaan. Menewaskan atlet Bisbol Nick Adenhart, Cortney Stewart(20) mahasiswa di California State University di Fullerton dan mahasiswa hukum Henry Pearson.

4 Februari 2011
Jeffrey David Kirby dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara oleh pengadilan Santa Ana, California, AS. Jeffrey dinyatakan mabuk saat terlibat kecelakaan yang berujung tewasnya bintang acara televisi Tapout, Charles ‘Mask’ Lewis.

20 Januari 2012
Pengadilan di San Antonio menghukum Sandra Briggs (59) dengan vonis penjara 45 tahun. Briggs dalam kondisi mabuk ketika menabrak mobil, menyebabkan petugas kepolisian San Antonio, Sergio Antilon tewas 15 hari setelah dirawat.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2012/01/25/338/562816/hukuman-untuk-sopir-mabuk-yang-menabrak-orang-di-luar-negeri

Anyway, syukur alhamdulilah barusan aku baca berita kalo si tersangka, mbak afriyani susanti minta maaf melalui surat yang disampaikan adeknya. Poinnya, si tersangka minta maaf kepada semua pihak keluarga korban dan juga korbannya (meski dia tau bahwa gak mungkin). Dan sepertinya dia akan memulai taubatnya. Amin... berarti dia udah tau caranya tobat, tinggal niatnya aja yang tulus :) Suratnya bisa di liat disini.

Btw, di penjara pun, si mbaknya masih bisa nge-tweet loh. Sesuatu.

Sebaiknya, jangan nyangkut pautin biaya rumah sakit. Itu emang udeh seharusnye!

Sejenak aku mikir,
" Hal ini (orang yang masih ingin hidup tapi, udah dipanggil) bertolak belakang sama orang yang merasa putus asa dan ingin mati. Mereka tidak tau, betapa bahagianya bisa menghirup oksigen, melihat/mendengar suara ayah ibu, bertemu dengan orang menggunakan tubuh sendiri, merasakan udara dan hidup...

Mereka tidak tau, bahwa banyak hal yang penting. Memohon ampun dan meminta perlindungan kepada Allah dari segala ajakan setan yang menyesatkan hati dan mengotori imannya... "

11 komeng:

randy oktaran mengatakan...

hukum diindo kita ini lemah makanya gitu mbak mbemm :D btw dah liburan nih ciee seneng nih :D

Feby Oktarista Andriawan mengatakan...

Emang sih yg nabrak harus di kasih ganjaran seberat-beratnya. Tapi yang harus jadi perhatian pemerintah adalah drugsnya. Memang berat, tapi harusnya pemerintah lebih merhatiin drugs ini lagi. Betapa merugikan bila kita mengkonsumsi drugs. daripada ngedrugs lebih baik kita ngeblog. #eaaa

naspard mengatakan...

eccieh mbem kembali lagi, modem baru juga yak

bener sih sempat ngata"in tuh orang ane, udah face kek gitu waktu introgasi mukanya kek gak bersalah juga. moga enggak ada lagi dah kejadian serupa atau yang lebih parah lagi

Claude C Kenni mengatakan...

Banyak yg minta agar si pelaku dihukum mati, sampe di facebook dibuatin page khususnya...menurut gua, setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan, bagusnya sih dihukum sesuai kesalahannya...tapi hukuman 6 tahun yg dijatuhkan jaksa kemarin tuh terlalu ringan, apalagi dia baru pesta narkoba gitu lho...

Syifa Azz mengatakan...

greget banget sumpeh sama si pelaku. pengen mites-tes-tess....

vheytha mengatakan...

hukum diIndonesia...kalah dengan negara lain,,,

Obat Tradisional gagal ginjal mengatakan...

hukumannya harus berapa kali lipat tuh di x lagi sama korban.

ya ampuun andai saja tidak ada pesta narkoba.. #geleng2 kepala

Andaka Pramadya mengatakan...

yang terbaru di makkasar ada siswa smp 14 tahun naik jazz nabrak 15 orang di 5 lokasi yang berbeda

Urang Kampoeng mengatakan...

kejadian itu memang telah ditakdirkan, tapi lebih parah lagi ditambah sikap dinginnya yang tidak ada raut wajah sedih,takut ketika habis menabrak(nyantai aja coyyyyyyyy) Dan itulah yang menjadi awal kenapa ia begitu dibenci.

obat herbal stroke mengatakan...

orang-orang yang berdosa menjadi,,korban,,orang kafir,,

Gaphe mengatakan...

wah gimana ya mbem kalo kamu ada di posisinya apri.. ketika semua upaya minta maafmu ditolak?.. kalo saya ngerasainnya koq yang namanya manusia kadang khilaf.. ya mungkin emang ini teguran buat yang lain juga.. jangan pernah make narkoba, ngemudi mobil ngantuk, ataau nggak punya sim tetep megang setir.