Minggu, 28 Juli 2013

Puasa menjaga kesehatan rohani

Berpuasa yang sehat itu 24 jam. Dalam arti apa nih? Ini bukan arti dalam hal menahan rasa lapar dan haus pengen makan dan minun. Namun, mengendalikan perbuatan dan pikiran. Karena kitalah seharusnya yg mengendalikan perbuatan dan pikiran tersebut. Bukan kita yang dikendalikan. Seharusnya sih gitu.



Sholat itu sehat. Gerakan yg sederhana, namun segudang manfaat. Ruku' nya melatih persendian. Sujudnya melancarkan peredaran darah. Sungguh! Jangan pernah menganggap ringan sholat walaupun gerakannya kalah gawl (baca: gaul) jika dibandingkan break dance, cheerlearders, Kpop dance, goyang patah-patah apalagi. Bisa-bisa pinggang kita ikutan patah-patah tuh (hehehe).

Sholat itu sangat sehat. Apalagi jika ditambah dengan mengeluarkan zakat. Subhanallah. Zakat itu kan kotoran. Kotoran? maksud lo? Iya, kotoran dari harta kita. Zakat itu membersihkan harta kita supaya menjadi halal dan barokah.

Waah berarti lo nuduh harta gue haram gitu?

Tunggu dulu..maksudnya adalah membersihkan dari hal yang secara ga sadar menambah kekufuran kita. Allah memerintahkan kita untuk berzakat kepada orang yg membutuhkan. Percayalah, zakat tidak akan mengakibatkan miskin. Tp yg perlu dikutip adalah berzakatlah "karena Allah". Jangan berzakat karena kamu ingin dapet gelar dermawan, dipuji orang, pengen terkenal, dan segala sesuatu yg membuat dirimu SOMBONG.

Nah..lo ngerti kan, Riska?
*manggut-manggut*

Nauw ebaut wudhu. Why Allah memerintahkan kita spy berwudhu menggunakan air? Mengapa tidak dgn pasir? semen? atau bahkan kerikil? Kata Uje nih, yg katanya beliau sendiri juga dibilangin para orang tua>> Ternyata air itu mempunyai sifat membersihkan. Maka dari itu, seharusnya orang yang sudah berwudhu itu rendah diri. Seharusnya. Air itu kan mengalir dari tempat yg tinggi ke tempat yg rendah. Nah sifat air itu sendiri adalah ia selalu rendah diri. Padahal apa...ia hanyalah air yg tak berwarna, tak berbau dan berwujud cair. Namun selalu merendah diri, tak perlu menyombongkan diri. Seperti halnya padi yg telah menguning. Merendah.

Udah jelas kan Riska? Sadar gak lo sekarang? Jgn pernah jadi orang yg sombong ye! Jangan pula bermalas-malasan dalam ibadah kepada Allah. Karena setiap ibadahnya penuh manfaat dan kaya pahala. Apalagi di bulan Ramadhan saat ini. Bau mulut orang berpuasa akan diganti oleh wangi kasturi di akhirat kelak. Subhanallah.

Source:

Dirangkum dari dokumentasi ceramah UJE di TV one. Tayang minggu 21/7/2013 jam 3 pagi.

4 komeng:

Adittya Regas mengatakan...

pencerahan di bulan ramadhan :D

Maya mengatakan...

trus knp kita bertayamum dg debu tanah? krn tanah adl sesuatu yg rendah, yg setiap hr kita injak2. dg memakainya membuat kita mengingat bhwa kita hanyalah berasal dr tanah, membuat kita merendahkan diri kpd sang pencipta :)

Nur Fariska mengatakan...

@Adittya: pencerahan ada di mana-mana mas. Yuukkk kita cari ilmu sebanyak banyaknyaaa :D
@Maya: benar sekali mbak Maya. Tanah juga tempat saat kita menghadapNYA :) terimakasih sudah berkunjung.. :)

Rusydi Hikmawan mengatakan...

emang setiap syariat islam pasti baik buat manusia. tinggal dilaksanain sepenuh hati saja. urusan sederhana tapi ada perintah agama di dalamnya pasti bermanfaat